Soal Final MK PPMD Ganjil 2016-2017

SOAL FINAL MATAKULIAH
PERKEMBANGAN PEMIKIRAN MODERN DI DUNIA
SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2016/2017
Prodi                         : Pendidikan Agama Islam (PAI)
Unit                          : Semua Unit
Fakultas/Univ.          : Fakultas Tarbiyah/ Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Dosen Pengasuh       : Tabrani. ZA, S. Pd.I., M.S.I., MA.

A.    Ketentuan
  1. Bacalah soal di bawah ini dengan baik dan benar. Selanjutnya buatlah jawaban anda dalam bentuk artikel ilmiah dengan mengacu kepada pertayaan-pertanyaan tersebut yang anda narasikan menurut anda masing-masing. Point pertanyaan akan menjadi sub-sub judul pada artikel anda.
  2. Setiap pendapat yang anda kemukakan pada jawaban anda harus mengacu dan mempunyai referensi (footnote) yang jelas. Minimal referensi yang anda gunakan adalah 3 (Tiga) buku.
  3. Buatlah judul artikel anda tersebut menurut anda sendiri (Judul Bebas).
  4. Anda dilarang mengcopy paste dengan cara apapun. Anda juga dilarang melihat punya teman anda. Jika terdapat jawaban anda yang sama persis dengan punya kawan anda, maka anda dianggap gugur dan dianggap tidak mengikuti Ujian Final (UAS).
  5. Kumpulkan tugas anda dalam bentuk hard copy pada hari final. Dan soft copynya anda kirim/ upload melalui form upload tugas di website: www.tabraniza.com paling lambat tanggal 3 Januari 2017 jam 23.59.
B.     Soal-Soal
  1. Sejarah pemikiran dan pembaharuan Islam di Indonesia memiliki dimensi yang sangat menarik, bahkan tidak pernah berhenti untuk dikaji, terutama oleh para peneliti dan pemerhati masalah sejarah dan pemikiran Islam. Kemukakan sedikit pendapat anda tentang sejarah pemikiran dan perkembangan Islam di Indonesia!
  2. Jelaskan bagaimana Perkembangan munculnya Islam Normatif dan Islam Historis!
  3. Jelaskan bagaimana aplikasi pendekatan Islam Tekstual dalam melihat realitas Islam Normatif serta aplikasi Islam Tradisional dalam melihat realitas Islam Historis!
  4. Jelaskan bagaimana relasi agama dan pembangunan dalam teologi pembebasan!
  5. Jelaskn bagaimana pandangan Marxisme terhadap Islam? Dan Bagaimana prinsip tasammuh (toleransi) bagi kelompok Marxisme!
  6. Bagaimanakah evolusi Rahman dalam perkembangan dan pembaharuan Islam menurut 4 (empat) prinsip dasar Islam (Al-Qur`an, Hadits, Ijma` dan Qiyas) !
  7. Jelaskan bagaimana pandangan Muhammad Iqbal dan Muhammad Abduh dalam pembaharuan pendidikan!
#Selamat Bekerja, semoga sukses selalu, amin ya Rabb#